Sunday, September 12, 2010

Apa hikmah hari raya bagi manusia?




Hari Raya Idul Fitri baru saja kita lalui. Berjuta umat Islam di dunia dengan suka cita menyambut hari kemenangan ini setelah selama sebulan penuh berjuang melawan hawa nafsu yang ada dalam diri masing-masing. Lalu, apakah hikmah hari raya bagi manusia itu sendiri? Disebutkan, bahwa hikmah hari raya bagi manusia adalah untuk mengingatkan manusia kepada Hari Pembalasan di hari Kiamat nanti (yaumul qiyamah).

Apabila pada hari raya, kita melihat sebagian manusia pergi dengan berjalan kaki, sebagian berkendaraan, sebagian memakai pakaian yang baru dan indah, sebagian memakai pakaian kumal apa adanya, bahkan sebagian ada yang tidak punya pakaian, sebagian orang bermain dan tertawa-tawa, tapi sebagian lainnya ada yang bersedih bahkan menangis.



Maka ingatlah, perjalanan di hari kiamat nantinya juga demikian. Sebagian naik kendaraan secepat kilat, sebagian berjalan kaki bahkan sebagian dengan punggungnya. Sebagian wajah terang riang gembira, tapi sebagiannya sedih dengan muka gelap gulita.

Seperti firman Allah SWT:

يَوْمَ نَحْشُرُ الْمُتَّقِينَ إِلَى الرَّحْمَنِ وَفْداً
وَنَسُوقُ الْمُجْرِمِينَ إِلَى جَهَنَّمَ وِرْداً

“Pada harinya kami menghimpun orang-orang yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Pengasih sebagai utusan terhormat. Dan kamipun menggiring orang-orang berdosa ke Jahannam dengan keadaan kehausan.“

(QS. Maryam 85-86)

Dan juga difirmankan:

يَوْمَ تَبْيَضُّ وُجُوهٌ وَتَسْوَدُّ وُجُوهٌ فَأَمَّا الَّذِينَ اسْوَدَّتْ وُجُوهُهُمْ أَكْفَرْتُم بَعْدَ إِيمَانِكُمْ فَذُوقُواْ الْعَذَابَ بِمَا كُنْتُمْ تَكْفُرُونَ

“Pada hari wajah-wajah ini menjadi putih berseri dan ada pula wajah-wajah yang menjadi gelap.“

(QS. Ali-Imraan: 106)


Maka sebaik-baik kita adalah yang dapat mengambil hikmah dari Idul Fitri sebagai bekal nantinya. Di dunia dan di akhirat juga.

Taqoballahu minna waminkum, taqobbal ya kariim.
Selamat hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1431 H.
Mohon maaf lahir dan batin.



No comments:

Post a Comment