Monday, August 30, 2010

Cara Membatalkan Permintaan Teman di Facebook



Situs jejaring sosial seperti Facebook memang mengasyikkan. Bagaiman tidak? Melalui situs ini, seseorang yang telah membuka akun di Facebook dapat terhubung dengan teman dan rekan mereka lainnya yang bekerja, belajar, dan hidup di sekitar mereka. Dengan banyaknya pengguna yang ada dalam daftar teman kita, menandakan bahwa orang itu mempunyai pergaulan yang luas. Tapi sebenarnya ada beberapa catatan mengenai jumlah teman dalam akun Facebook, yaitu mereka yang benar-benar mengenal pribadi seseorang dan mereka yang hanya asal mengkonfirmasi permintaan tambahan teman.

Nah, bagaimana caranya apabila kita sudah terlanjur menambahkan seseorang ke dalam daftar teman kita namun ternyata di kemudian hari kita berubah pikiran? Apakah bisa membatalkan suatu permintaan daftar teman baru di akun Facebook? 

Banyak pendapat yang menyatakan bahwa hal itu tidak mungkin dilakukan. Sekali Anda meminta tambah teman maka Anda tidak bisa membatalkannya. Permintaan tambah teman di Facebook itu seperti sebuah email yang Anda kirimkan. Sekali Anda tekan tombol Kirim, maka tidak ada cara untuk membatalkannya. Atau sama dengan ketika Anda mengetikkan sebuah pesan singkat melalui ponsel Anda, dan ternyata Anda mengirimkan kepada orang yang tidak seharusnya Anda tuju. Yang Anda lakukan hanyalah pasrah dan berdoa semoga orang yang Anda tambahkan itu tidak mengkonfirmasi permintaan tambah teman dari Anda dengan berbagai alasan. Tapi apa benar begitu? Anda hanya bisa pasrah dan berdoa saja? Untuk mengetahui jawabannya, simak baik-baik beberapa langkah berikut ini:



 

Langkah 1
Setelah Anda yakin bahwa Anda akan membatalkan permintaan tambah teman maka
hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengklik pada tab Pengaturan Privasi yang terletak di tab Akun di sudut kanan atas layar Anda/halaman.



Langkah 2
Di sini Anda akan disajikan dengan sejumlah pilihan, salah satunya adalah bagian yang disebut Daftar Blokir, klik bagian Sunting daftar Anda



Langkah 3
Masukkan nama pengguna yang Anda ingin batalkan dalam permintaan tambah teman lalu klik 'Blokir pengguna ini'. Untuk keakuratan, masukkan alamat email pengguna yang Anda ingin batalkan dalam permintaan tambah teman, apabila Anda mengetahui email mereka.



Langkah 4
Selanjutnya akan muncul foto profil dan nama akun pengguna yang akan Anda blokir untuk konfirmasi.
Anda akan melihat beberapa nama pengguna yang memiliki kesamaan nama (bila nama yang dimasukkan terdapat kesamaan dengan pengguna lainnya). Pastikan Anda memblokir pengguna yang sesuai dengan keinginan Anda.
Setelah yakin, klik Blokir.


Yang menarik adalah bahwa Anda juga dapat langsung sekarang 'unblock' pengguna yang baru saja Anda blok, dan mereka tidak akan menerima permintaan tambah teman, yang berarti bahwa mereka masih dapat menambahkan Anda di masa depan (mungkin berlaku untuk orang-orang yang malu untuk menambahkan seseorang yang mereka suka dan cukup khawatir apabila mendapat penolakan dari pengguna yang hendak mereka tambahkan). 

 

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda membatalkan permintaan teman di Facebook 

  • Jika orang yang Anda tambahkan dalam permintaan tambah teman telah memilih untuk menerima notifikasi/pemberitahuan melalui email permintaan tambah teman, Anda harus bertindak sangat cepat untuk menghindari rasa malu tatkala mereka tahu apa yang telah Anda lakukan. 
  • Jika orang tersebut sedang online saat Anda mengirim permintaan tambah teman, yang dapat ditentukan dengan melihat fitur chatting, mereka mungkin saja telah melihat permintaan tambah teman, yang dalam hal ini Anda akan harus menelan harga diri dan menghadapi konsekuensi dari tindakan Anda. 
  • Jika seseorang melihat permintaan teman Anda, namun Anda memblokir mereka, maka yang perlu Anda lakukan adalah untuk mencoba meyakinkan mereka bahwa itu adalah kesalahan Facebook. 
  • Jika Anda ingin memberikan kesempatan agar pengguna tersebut dapat menambahkan Anda sebagai teman di kemudian hari, maka perlu bagi Anda untuk membuka blokir baginya sehingga mereka dapat memiliki peluang untuk menemukan Anda.

2 comments:

  1. sekarang sdh bs kok mengbtalkan langsung tnpa memblokir, tinggal klik cancel saja

    ReplyDelete
  2. gan kalau membatalkan permintaan pertemanan ada konfirmasi gak ke akun yang dimintai pertemanannya...?

    ReplyDelete