Wednesday, December 15, 2010

Tutorial untuk Memutihkan Gigi dengan Adobe Photoshop

Kita pasti senang bila melihat foto orang-orang dengan senyuman lebar yang menampakkan deretan gigi mereka. Namun, tidak semua orang memiliki warna putih pada giginya. Faktor yang mempengaruhi pudarnya warna putih alami gigi antara lain disebabkan karena makanan, minuman, pengaruh obat-obatan serta rokok.

Lalu bagaimana agar foto yang menampakkan senyuman dengan deretan gigi indah dapat menjadi lebih baik?
Di tutorial ini saya akan membagikan trik untuk memutihkan gigi serta sekaligus membuatnya menjadi lebih cemerlang.

Selamat mencoba!!

Untuk membuat agar foto yang menampakkan deretan gigi menjadi tampak lebih putih dan cemerlang adalah dengan menggunakan Hue/Saturation adjustment layer, brush dan layer mask.


Di bawah ini akan saya tampilkan sebuah foto senyuman indah yang belum mengalami editing:

Langkah 1: Select Area di Sekitar Gigi dengan Lasso Tool

Pertama, klik Lasso tool dari Tools palette di Photoshop atau tekan huruf L pada keyboard Anda untuk shortcut:

Setelah Lasso tool aktif, buat selection di sekitar gigi. Anda tidak perlu terlalu berhati-hati dalam membuat selection karena selection ini hanyalah sementara. Yang penting adalah bagian gigi masuk di area yang dipilih:


Langkah 2: Pilih Hue/Saturation Adjustment Layer

Dengan area di sekitar gigi yang telah dibuat selection, sekarang kita lihat ke bagian paling bawah dari Layers palette lalu klik New Adjustment Layer icon:


Pilih Hue/Saturation adjustment layer:


Akan muncul Hue/Saturation dialog box.

Langkah 3: Pilih Yellows dari Hue/Saturation Edit List

Sekarang kita akan hilangkan warna kuning pada gigi sehingga akan membuat gigi tampak putih sekaligus membuatnya menjadi cemerlang. Caranya, ketika Hue/Saturation dialog box muncul, klik panah yang mengarah ke bawah di sebelah kanan tulisan "Master" pada bagian atas dialog box dan pilih Yellows dari list. Hal ini akan membuat perubahan hanya pada warna kuning di area yang telah dilakukan selection:


Setelah yellows dipilih, tarik Saturation slider di bagian tengah dialog box seluruhnya ke arah kiri, yang mana akan meng-desaturate (menghilangkan) warna kuning dari gigi, sehingga gigi menjadi lebih putih:


Gigi sekarang telah tampak menjadi lebih putih karena warna kuningnya telah dihilangkan. Andaikan cara mudah ini juga dapat diaplikasikan di kehidupan nyata:


Langkah 4: Tarik Lightness Slider ke Arah Kanan untuk Mencemerlangkan Gigi

Sekarang gigi sudah tampak menjadi lebih putih namun kita juga dapat membuatnya menjadi lebih cemerlang, dengan menggunakan Hue/Saturation adjustment layer yang sama. Pertama, kembali ke Edit list di bagian atas dialog box, klik sekali lagi di bagian panah yang mengarah ke bawah lalu pilih Master dari list. "Master" option akan membuat perubahan untuk seluruh warna sekaligus:


Dengan "Master" yang sudah dipilih, tarik slider Lightness, yang terletak di bawah Saturation option, ke arah kanan. Ini akan mencemerlangkan gigi. Semakin jauh Anda menarik slider, maka gigi akan tampak lebih cemerlang. Tetap perhatikan preview gambar yang ada di document window ketika Anda menarik slider sehingga Anda tidak menariknya terlalu jauh:


Klik OK apabila telah selesai untuk keluar dari dialog box.
Kita bisa lihat sekarang bahwa area yang tampak lebih cemerlang tidak hanya pada bagian gigi saja namun juga area di sekitar gigi karena area inilah yang sejak awal telah dilakukan selection menggunakan Lasso tool:


Jangan khawatir. Kita akan merapikannya berikut ini. 

Langkah 5: Isi Hue/Saturation Layer Mask dengan Warna Hitam

Satu hal yang paling mengasyikkan dalam menggunakan adjustment layers di Photoshop adalah bahwa masing-masing layer muncul sebagai layer mask yang terpisah. Apabila kita lihat di Layers palette, kita dapat lihat bahwa kita mempunyai 2 layer. Gambar aslinya terdapat di Background layer dan tepat di atasnya adalah Hue/Saturation adjustment layer. Bidang persegi panjang warna hitam dengan area kecil warna putih di dalamnya di bagian kanan dari  adjustment layer adalah layer mask thumbnail, yang menunjukkan kepada kita preview dari mask kita. Area putih kecil tersebut adalah area yang telah kita select di sekitar gigi.
Pastikan layer mask telah di-select. Cara melihat apakah sebuah mask telah di-select atau tidak adalah dengan melihat tepi highlight berwarna putih di sekeliling mask preview thumbnail di dalam Layers palette. Kalau Anda melihat tepi highlight berwarna putih di sekeliling mask preview thumbnail, itu artinya mask telah di-select. Apabila Anda tidak melihat tepi highlight berwarna putih, maka klik pada thumbnail untuk membuat selection:


Sekarang, kita akan menghilangkan selection awal di sekitar gigi dengan memberi layer mask dengan warna hitam. Langkah ini akan menyembunyikan seluruh langkah yang telah dibuat di atas dari penglihatan. Dengan layer mask yang sama, lihat ke tab Edit menu di bagian paling atas layar komputer Anda lalu pilih Fill, yang mana akan memunculkan Fill dialog box. Di bagian "Contents", klik panah yang mengarah ke bawah dan pilih Black dari list:


Setelah black dipilih, lalu klik OK untuk keluar dari dialog box. Photoshop akan mengisi layer mask dengan warna hitam:


Ketika layer mask diisi dengan warna hitam, ini terlihat seakan-akan kita tidak melakukan perubahan apa-apa pada gigi. Gigi yang telah diedit kembali menjadi kuning:


Langkah 6: Pilih Brush Tool

Pilih Brush tool dari Tools palette atau tekan B pada keyboard untuk cara memilih cepat:


Langkah 7: Atur Warna Putih sebagai Foreground Color

Pastikan bahwa Anda telah memilih warna putih sebagai foreground color karena kita akan melukis di layer mask dengan warna putih untuk memunculkan efek dari Hue/Saturation adjustment layer di atas gigi. Untuk merubah secara cepat pastikan Anda telah memilih Hue/Saturation layer mask pada layers palette lalu tekan huruf D pada keyboard Anda, yang mana akan mengatur foreground color menjadi putih dan background color menjadi hitam:



Langkah 8: Sapukan Warna Putih di atas Gigi untuk Mengembalikan Warna Putih dan Kecemerlangannya

Dengan memilih brush, layer mask telah dipilih di dalam Layers palette dan putih sebagai foreground color, yang kita perlukan dalah menyapukannya di atas gigi dengan brush untuk mengembalikan warna putih serta kecemerlangannya. Anda mungkin perlu mengubah ukuran brush selama menyapukannya. Untuk merubah ukuran brush, tekan tanda kurung kotak sebelah kanan pada keyboard untuk membuat brush lebih besar dan the tanda kurung kotak sebelah kiri untuk membuatnya lebih kecil. Letak tanda kurung kotak itu ada di sebelah kanan huruf "P" di keyboard. Bila Anda ingin merubah edge hardness dari brush, tekan dan tahan Shift lalu tekan tanda kurung kotak kanan atau kiri. Shift+tanda kurung kotak kanan membuat brush edges lebih keras dan Shift+tanda kurung kotak kiri membuat edges menjadi lebih lembut.
Sapukan pada gigi menggunakan brush untuk mengembalikan Hue/Saturation adjustment layer di atas area tersebut, sehingga gigi akan menjadi lebih putih dan cemerlang. Akan lebih mudah bila Anda meng-zoom in pada gigi:


Apabila Anda secara tidak sengaja menyapukan ke area yang tidak semestinya menjadi putih maka tekanlah huruf X pada keyboard untuk mengganti dari Foreground menjadi Background color, yang mana akan merubah Foreground color menjadi hitam. Sapukan di area yang salah untuk menyembunyikan efek adjustment layer, lalu tekan X kembali untuk merubah dari hitam menjadi putih dan lanjutkanlah menyapunya.
Untuk beberapa area tertentu, Anda mungkin akan lebih mudah menyapukannya dengan opacity brush yang lebih kecil. Opacity dapat dirubah di Options Bar pada bagian atas layar. Opacity rendah sekitar 20% dapat menolong untuk menghindari agar gigi tidak terlihat terlalu cemerlang di bagian sudut yang gelap di dalam mulut:

Lanjutkan sapuan brush Anda sambil meng-zoom out gambar agar mudah untuk mengecek kenormalannya.

Langkah 9: Apabila diperlukan, Turunkan Opacity dari Adjustment Layer

Harap Anda ingat baik-baik bahwa tidak ada pasta gigi yang dapat membuat gigi menjadi benar-benar putih sempurna. Apabila efek putihnya terlalu kuat sehingga warna putih di gigi menjadi tidak alami, Anda dapat mengaturnya dengan cara menurunkan opacity dari Hue/Saturation adjustment layer. Opacity option ada di dekat bagian kanan atas dari Layers palette. Di sini saya akan menurunkan opacity menjadi 75%:


Dan inilah hasil akhirnya:


Terima kasih telah menyimak tutorial ini. Simak tutorial-tutorial Photoshop lainnya dari saya. 

No comments:

Post a Comment